BERANDA

Tak kenal maka tak menulis.

Selamat berkunjung ke situs web saya, bambangtrim.com. Tidak pernah terbayangkan oleh saya terjun di dunia buku, sebagai penulis, editor, dan tentu saja penerbit. Saya dilahirkan dengan nama panjang Bambang Trimansyah pada tanggal 29 Juni 1972, di sebuah kota kecil bernama Tebingtinggi Deli (Sumatra Utara). Masa kecil hingga remaja, saya habiskan di Tebingtinggi, lalu SMA saya hijrah ke Medan. Tahun 1991, saya ke Bandung, melanjutkan kuliah.

Bandung menjadi titik awal saya bersua dengan dunia penulisan dan penerbitan setelah diterima sebagai mahasiswa di Prodi D-3 Editing, Fakultas Sastra, Universitas Padjadjaran. Tiga tahun kemudian setelah lulus tahun 1994, saya mulai berkarier sebagai penulis dan editor buku.

Sejak itu, kiprah saya tidak lepas dari dunia penulisan dan penerbitan. Saya melakoni diri sebagai penulis, editor, guru, dosen, trainer, dan juga konsultan hingga saat ini. Beberapa penerbit sempat menjadi tempat saya mengasah diri sebagai profesional, seperti Remaja Rosdakarya, MQ Publishing, MQS Publishing, Grafindo Media Pratama, Salamadani Pustaka Semesta, hingga Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Karya buku yang saya tulis kini telah mencapai lebih dari 200 buku. Bermacam-macam buku, yaitu buku anak, buku motivasi religi, buku panduan, buku teks (pelajaran), buku ilmiah populer, biografi/autobiografi, buku ilmiah populer, dan sebagainya. Saya  menikmati terus setiap masa untuk berkarya.

Dunia pendidikan juga menjadi bagian hidup saya. Sejak tahun 2000 saya sudah aktif mengajar, baik sebagai dosen maupun sebagai trainer penulisan-penerbitan. Saya sempat mengajar di almamater saya dan juga di Jurusan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta dan Jurusan Penerbitan Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia). Sebagai pengurus pusat Ikapi, saya dipercaya memimpin Akademi Literasi dan Penerbitan Indonesia (Alinea).

Ratusan kelas menulis dan menyunting telah saya pandu dengan ribuan audiensi di seluruh Indonesia hingga ke negeri jiran Malaysia. Saya mengisi berbagai pelatihan di bidang penulisan akademis, penulisan ilmiah populer, penulisan bisnis, penulisan kehumasan, penulisan anak, penyuntingan naskah, dan penerbitan buku.

Menjadi pemakalah pada Seminar Editor Malaysia tahun 2011
Menjadi pemakalah pada Seminar Editor Malaysia tahun 2011

Bidang keahlian saya dalam penulisan-penerbitan, yaitu

  • penulisan naskah (sastra, ilmiah-akademis, jurnalistik, kehumasan, anak dan remaja, kisah hidup, sejarah, dan bisnis);
  • penyuntingan naskah;
  • penerbitan buku dan penerbitan media; dan
  • sastra anak.

Tahun 2016 menjadi momentum baru bagi saya karena pada tahun itu saya mendirikan Institut Penulis Indonesia dengan dua entitas organisasi yaitu PT Inkubator Penulis Indonesia dan PT Inovasi Penulis Indonesia. Saya memulai edutech start-up InstitutPenulis.id yang menyediakan akses belajar menulis secara daring.

Pada Agustus 2016, Panja RUU Sistem Perbukuan (Sisbuk), Komisi X DPR-RI, meminta kesediaan saya menjadi tim pendamping ahli untuk penyusunan RUU Sisbuk. Saya merasakan hal ini sebagai bentuk penghargaan terbesar dalam karier saya sehingga diberi kesempatan menuangkan pemikiran ke dalam undang-undang yang akan menjadi sejarah hadirnya negara di bidang perbukuan. Tanggal 29 Mei 2017, UU Sisbuk ditandatangani dan disahkan oleh Pemerintah dengan nama Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan.

Penghujung tahun 2016, tepatnya 22 Desember, bersama dengan beberapa rekan penulis, saya mendeklarasikan terbentuknya Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro). Acara itu kemudian memilih saya secara aklamasi sebagai Ketua Umum Penpro periode 2016-2021.

Tidak berhenti sampai di situ, saya juga bersama rekan-rekan pada tahun 2017 mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penulis dan Editor Profesional. Ini merupakan LSP pertama di Indonesia yang mengeluarkan sertifikasi untuk penulis dan editor.

Tak kenal maka tak menulis. Mari saling mengenal dan bersilaturahim untuk menajamkan tulisan kita yang memiliki daya gugah, daya ubah, dan daya pikat.

Salam takzim.

tandatanganbt-copy-1-01

 

 

 

Kontak Bisnis: surel bambangtrim72@gmail.com | Facebook Bambang Trim | Twitter @bambangtrim | Instagram Bambang Trim