Begini Taktisnya Menulis Buku Pengayaan Pengetahuan

Bambangtrim.com | Bayangkan sebuah pengetahuan tingkat tinggi dibumikan untuk anak-anak tingkat rendah, di SD atau SMP. Sebut saja pengetahuan itu tentang virus yang mengganas menjadi pandemi. Pengetahuan itu diwujudkan menjadi sebuah buku yang menarik, gamblang, dan tentu saja menjadi bacaan yang menyenangkan.

Sayang tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menggagas dan menuntaskan sebuah buku meskipun itu untuk pembaca anak-anak dan remaja. Artinya, menulis dengan gaya yang sederhana, tetapi memiliki daya tarik dan pengaruh.

Buku pengayaan, demikian istilah yang digunakan untuk menyebut buku-buku sebagai bahan bacaan dan koleksi perpustakaan. Buku yang oleh pemerintah kini secara resmi disebut buku nonteks (bukan buku teks/pelajaran). Jenis buku ini menawarkan gagasan yang sangat variatif dengan berbagai macam gaya pengemasan.

Bagaimana jika ada kelas daring yang membimbing Anda untuk ke sana? Kelas yang akan diisi oleh saya sendiri? Anda tertarik, berikut ini kerangka acuan kegiatannya.

Latar Belakang

Jika Anda akrab dengan penilaian buku nonteks di Puskurbuk, Kemendikbud atau proyek-proyek buku bacaan/perpustakaan, tentu tidak asing dengan istilah ‘buku pengayaan’. Buku ini dimaksudkan sebagai pengayaan di luar buku teks (buku pelajaran) yang dapat dibaca secara menyenangkan. Ada tiga jenis buku pengayaan, yaitu pengayaan pengetahuan, pengayaan keterampilan, dan pengayaan kepribadian.

Buku pengayaan pengetahuan dimaksudkan meningkatkan aspek kognitif pada pembaca sasaran yang duduk di bangku SD hingga SMA. Pengayaan pengetahuan bersifat nonfiksi meskipun pada buku anak-anak dibuat dengan cara berkisah. Ada dua cara yang dapat diterapkan dalam menulis buku pengayaan pengetahuan yaitu cara hierarkis dan cara klaster. Apakah itu?

Pelatihan ini akan membimbing para penulis dan editor mengenali dan memahami buku pengayaan pengetahuan, termasuk aspek-aspek yang dinilai agar buku tersebut dinyatakan layak oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anda akan didorong untuk produktif sekaligus taktis memunculkan gagasan penulisan buku pengayaan pengetahuan.

Objektif

Kelas daring ini akan memandu peserta

  1. memahami jenis dan karakteristik buku pengayaan pengetahuan;
  2. menggagas secara kreatif buku-buku pengayaan yang dibutuhkan;
  3. menulis buku pengayaan pengetahuan berdasarkan standar dan kaidah; dan
  4. mengenali aspek-aspek penilaian buku nonteks oleh pemerintah.

Metode dan Materi

Nama Kegiatan Kursus Daring “Taktis Menulis Buku Pengayaan Pengetahuan”
Durasi 19.00—21.30
Jam Pelajaran Total 6 JP
Jumlah Peserta Efektif 30 orang
Metode Kelas Daring melalui aplikasi Zoom

 

Kelas daring ini disampaikan dengan metode kuliah-simulasi-praktik. Tautan pendaftaran langsung di sini: https://bit.ly/LitJan2021

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan selama dua hari terdiri atas empat sesi, yaitu

  1. Sesi 1: Memahami Jenis dan Karakteristik Buku Pengayaan Pengetahuan
  2. Sesi 2: Menggagas Buku Pengetahuan yang Dibutuhkan
  3. Sesi 3: Menulis Buku Pengayaan Pengetahuan Berdasarkan Standar dan Kaidah
  4. Sesi 4: Memahami Aspek Penilaian Buku Nonteks

Bahan Ajar

Peserta akan mendapatkan bahan ajar berupa risalah materi (handout) eksklusif, salindia (slide) presentasi (PDF), dan video praktik. Bahan materi akan dibagikan tiga hari sebelum pelaksanaan kegiatan untuk peserta yang sudah membayar lunas.

Kelas daring ini dirancang agar peserta mendapatkan benefit berikut ini:

  1. pengetahuan dan keterampilan penulisan buku pengayaan pengetahuan;
  2. pengetahuan tentang standar dan kaidah penulisan buku pengayaan; dan
  3. pengetahuan tentang aspek-aspek penilaian buku nonteks oleh pemerintah.

Narasumber

Kelas ini diisi langsung oleh Bambang Trim, praktisi penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di industri penulisan-penerbitan. Bambang Trim adalah Direktur Institut Penulis Indonesia dan Direktur LSP Penulis dan Editor Profesional. Ia telah menulis lebih dari 200 buku dan menyunting ratusan buku lainnya yang beberapa di antaranya masuk kategori best seller.  Selain itu, Bambang Trim saat ini menjadi konsultan di Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang berkontribusi dalam penyusunan regulasi perbukuan. Tentang Bambang Trim dapat diakses di https://id.wikipedia.org/wiki/Bambang_Trim

Penting bagi Peserta

Penting untuk dicermati di dalam kelas daring ini:

  1. Peserta yang mendaftar akan dimasukkan ke dalam Grup Whatsapp. Peserta membayar biaya kelas daring ke Rekening Mandiri Nomor 13800-1728-4998 a.n. CV Epigraf Komunikata. Konfirmasi pembayaran harus disertai bukti transfer ke WA0812-9252-6552. Kami tidak melayani pembayaran kelas daring tanpa bukti transfer.
  2. Kelas ini hanya memfasilitasi peserta mendapatkan pengetahuan dan informasi seputar penulisan buku pengayaan pengetahuan serta konsultasi antara peserta dan narasumber.
  3. Kelas daring ini tidak menyediakan sertifikat tercetak, namun berupa sertifikat elektronik yang dikeluarkan oleh LLC (Literator Learning Center) berikut struktur materi dan jam pelajaran.
  4. Peserta akan mendapatkan materi dan diundang ke ruang meeting Zoom setelah melunasi biaya kelas daring ke rekening yang ditetapkan.
  5. Peserta Grup WA setelah selesai kursus jika berkenan akan diundang ke Grup Telegram Alumni untuk mendapatkan benefit lain, seperti kuliah Telegram gratis tentang penulisan-penerbitan.

Silabus dan Jadwal Kegiatan

Hari Pertama

Pukul Materi Metode
18.30 Presensi

Persiapan

19.00–20.00 Sesi 1: Memahami Jenis dan Karakteristik Buku Pengayaan Pengetahuan

Sesi 2: Menggagas Buku Pengayaan Pengetahuan yang Dibutuhkan

Kuliah dan Simulasi
20.00–20.45 Tanya-Jawab
20.45–21.15 Lanjutan Sesi 2 Kuliah dan Simulasi
21.15–21.30 Tanya-Jawab
21.30 Penutupan

 

Hari Kedua

Pukul Materi Metode
18.30 Presensi

Persiapan

19.00–20.00 Sesi 3: Menulis Buku Pengayaa Pengetahuan Berdasarkan Standar dan Kaidah

Sesi 4: Memahami Aspek Penilaian Buku Nonteks oleh Pemerintah

Kuliah dan Simulasi
20.00–20.45 Tanya-Jawab
20.45–21.15 Lanjutan Sesi 4 Kuliah dan Simulasi
21.15–21.30 Tanya-Jawab
21.30 Penutupan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart