Panggilan Menjadi Penulis Profesional

0
1028
Foto: Florian Klauer

Bambangtrim.com | Ini terobosan pelatihan penulisan standar profesional yang digagas Institut Penulis Indonesia dengan mengadopsi pola pelatihan serupa di negara-negara maju. Nomenklatur Penulisan dan Penyuntingan telah diakui dalam pendidikan vokasional negara-negara maju untuk menghasilkan para penulis profesional yang menguasai penulisan dan penyuntingan dari dasar hingga tahap mahir.

Pelatihan dasar (basic training) cocok untuk diikuti para penulis pemula, praktisi dan profesional yang ingin menguasai keterampilan menulis, para pendidik, dan siapa pun yang menaruh perhatian terhadap keterampilan menulis. Outcomes yang diharapkan dari pelatihan tingkat dasar, yaitu

  • peserta dapat menjadi penulis konten digital;
  • peserta dapat menjadi kontributor media;
  • peserta dapat menjadi penulis lepas;
  • peserta dapat menjadi penulis bidang kehumasan.

Pada era digital kini, keterampilan menulis menjadi semakin penting untuk dikuasai mengingat banyaknya produksi konten tulisan yang disebarkan setiap waktu. Ada banyak kebutuhan untuk menyebarkan konten-konten tertulis tersebut.

Penguasaan keterampilan menulis penting bagi mereka yang hendak berprofesi sebagai penulis profesional dengan menghasilkan karya tulis mandiri atau menyediakan jasa penulisan. Selain itu, keterampilan ini juga penting bagi semua orang yang dalam aktivitas sehari-harinya diwajibkan untuk menulis, seperti menulis laporan, menulis proposal, menulis surat, dan banyak lagi.

Berikut ini informasi lengkap tentang Pelatihan Penulisan dan Penyuntingan Profesional (3P) yang diselenggarakan Inspena.

Informasi Umum

Nama Kegiatan Pelatihan Penulisan dan Penyuntingan Profesional Tingkat Dasar
Waktu & Tempat 18-19 November 2016, Hotel Balairung, Jakarta (Angkatan I)

8-9 Desember 2016, Hotel Bumi Sawunggaling, Bandung (Angkatan II)

Biaya Rp1.800.000,00 (18-19 November) belum termasuk penginapan
Rp2.5000.000,00 (8-9 Desember) sudah termasuk penginapan satu malam
Jam Pelajaran 20 jp (16 jam) Angkatan I

23 jp (18 jam) Angkatan II

Target Peserta Umum
Alokasi Peserta 12 orang untuk 18-19 November 2016

12 orang untuk 8-9 Desember 2016

Instruktur Bambang Trimansyah dan Tim
Metode Kuliah, Praktik, dan Simulasi
Peralatan Peserta wajib membawa laptop atau netbook untuk praktik.

 

Dasar Pemikiran

Penulisan dan Penyuntingan telah menjadi nomenklatur ilmu dan keterampilan yang diajarkan di negara-negara maju dan juga negara-negara yang menaruh perhatian pada kemajuan daya literasi masyarakat bangsanya. Sayangnya, di Indonesia nomenklatur ini tidak dikenal. Keterampilan menulis dan menyunting lebih banyak diajarkan secara parsial, bahkan hanya setingkat mata pelajaran pada pendidikan dasar dan menengah atau hanya setingkat mata kuliah pada pendidikan tinggi. Padahal, keterampilan menulis dan menyunting sangatlah kompleks.

Untuk itu, Institut Penulis Indonesia di bawah naungan PT Inkubator Penulis Indonesia tengah merintis diakuinya nomenklatur penulisan dan penyuntingan naskah melalui penyelenggaraan pelatihan dengan metode yang standar. Pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi siapa pun yang ingin membina diri dalam keterampilan menulis, baik sebagai profesi ataupun sebagai pendukung pekerjaan karena adanya tugas-tugas menulis.

Pelatihan 3P (Penulisan dan Penyuntingan Profesional) diselenggarakan selama dua hari untuk tingkat dasar dengan konsentrasi pada kemampuan menulis artikel/esai, berita, dan karangan khas (feature) serta kemampuan menyunting dasar (basic copyediting).

Objektif

  1. mendorong peserta mampu menghasilkan karya tulis berkualitas dan sekaligus mampu menyuntingnya secara mandiri;
  2. memasyarakatkan dan menanamkan proses penulisan standar, yaitu prewriting-drafting-revising-editing-publishing;
  3. menginformasikan kepada para peserta ranah dan laras penulisan dan mengenali ranah induk;
  4. memacu produktivitas para peserta untuk menghasilkan karya tulis yang berkualitas.

Metode dan Materi

Pelatihan Penulisan dan Penyuntingan Profesional menggunakan metode standar pengajaran menulis-menyunting, yaitu Prewriting-Drafting-Revising-Editing-Publishing sebagai satu kesatuan proses. Metode ini disampaikan melalui kuliah, praktik, dan simulasi. Peserta akan mendapatkan bahan ajar berupa handout, presentasi Powerpoint, dan juga bahan praktik untuk mengukur tingkat daya serap peserta terhadap materi yang disampaikan.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan, yaitu

  • Pengantar: dunia penulisan profesional, ranah dan laras tulisan;
  • Prewriting: mengembangkan gagasan dan kerangka (ragangan);
  • Drafting: menulis bebas;
  • Revising: memperbaiki struktur tulisan dan penyajian;
  • Editing: menyunting mandiri bahasa, data dan fakta, serta legalitas dan kesopanan;
  • Publishing: mekanisme penerbitan karya;
  • Studi Kasus: tulisan buruk, tulisan baik, tulisan berpengaruh.

Benefit

Lulusan program pelatihan IPI akan mendapatkan

  • pembinaan profesionalitas profesi sebagai penulis atau editor melalui Jejaring Institut Penulis Indonesia (JIPI);
  • pelibatan langsung dalam proyek-proyek penulisan-penerbitan yang ditangani IPI melalui program magang dan program kemitraan;
  • pendirian cabang IPI di berbagai daerah di Indonesia.

Profil Institut Penulis Indonesia

Institut Penulis Indonesia (Inspena atau IPI) didirikan pada Februari 2016 sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan serta kajian di bidang penulisan-penerbitan, dan juga penyedia layanan penulisan-penerbitan. IPI resmi diluncurkan pada 18 Juni 2016 di Kemendikbud RI. Lembaga ini digagas oleh praktisi penulisan-penerbitan yaitu Bambang Trim, Abi Ratno, dan Fachmy Casofa yang merupakan para praktisi di dunia penulisan-penerbitan. Visi IPI adalah menjadi menjadi penyelenggara diklat dan jasa penulisan-penerbitan terbesar di indonesia.

Pendaftaran Peserta

Pendaftaran dapat melalui:

  • Pos-el: institutpenulis.id@gmail.com
  • Telp. 021-3909237; Faks. 021-3909279 (Narahubung: Loly)
  • Mala 087881361030

Beasiswa Pelatihan

IPI memberikan beasiswa pelatihan untuk dua orang peserta pada setiap event dengan pengem­balian 100% uang pelatihan (syarat dan ketentuan berlaku).

Syarat dan Ketentuan Penerima Beasiswa:

  • Lulusan minimal D3;
  • Usia maks. 25 tahun;
  • Menguasai satu bidang ilmu atau keterampilan dengan sangat baik;
  • Mengirimkan esai berjudul “Mengapa Saya Harus Mampu Menulis” sepanjang 600 kata (A4, 1 spasi).

Kirimkan Biodata (CV) dan esai ke institutpenulis.id@gmail.com dengan Subject: Beasiswa Penulisan Jakarta (untuk pelatihan di Jakarta) dan Beasiswa Penulisan Bandung (untuk pelatihan di Bandung) sebelum tanggal 15 November 2016.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here