Relung-Relung Ilmu Editing

0
1834

Bambangtrim.com | Nomenklatur editing sebagai ilmu mungkin tidak terlalu dikenal di dalam dunia pendidikan di Indonesia. Hanya pernah sekali digunakan sebagai nama program studi D-3 di Fakultas Sastra, Universitas Padjadjaran. Akan tetapi, prodi tersebut sudah tidak ada lagi. Prodi sejenis menggunakan nomenklatur lebih umum yaitu ‘penerbitan’ seperti yang ada di Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Jurusan Penerbitan.

Jika merujuk pada pengembangan ilmu ini di luar negeri, khususnya negara Eropa dan Amerika, terdapat nomenkaltur ‘writing and editing‘ serta ‘publishing studies‘. Pada pendidikan vokasional, nomenklatur ‘writing and editing‘ sering dijadikan nama program studi, sedangkan ‘publishing studies‘ digunakan untuk pendidikan jenjang S-1 hingga S-3.

Tidaklah diragukan jika ‘editing’ ditempatkan sebagai sebuah ilmu plus keterampilan mengingat banyaknya relung ilmu editing. Seseorang yang belajar editing secara autodidak tanpa mengambil pendidikan formal ataupun nonformal di bidang editing tentu tidak akan banyak tahu “lekuk-lekuk” ilmu editing yang begitu banyak.

Sepengalaman mendalami editing di Prodi D-3 Editing Unpad dan S-1 Sastra Indonesia Unpad, ada beberapa bidang ilmu yang terkait dengan pemelajaran editing, yaitu

  1. ilmu kebahasaan;
  2. ilmu sastra;
  3. ilmu perpustakaan;
  4. ilmu grafika (pencetakan);
  5. ilmu penerbitan destop (desktop publishing);
  6. ilmu desain komunikasi visual;
  7. ilmu komunikasi; dan
  8. ilmu penerbitan.

Selain itu, ilmu editing sendiri terbagi atas 1) editing mekanikal (mechanical editing); 2) editing pengembangan (developmental editing); 3) editing struktural (structural editing); dan 4) editing substantif (substantive editing). Keterampilan editing meliputi 1) keterampilan menimbang atau menilai naskah; 2) keterampilan memperbaiki naskah; 3) keterampilan mengembangkan dan mengemas naskah; dan 4) keterampilan melejitkan naskah.

Untuk tingkat pendidikan formal, ilmu editing juga sangat langka diajarkan. Saat ini lembaga yang mengajarkannya secara khusus adalah Akademi Literasi dan Penerbitan Indonesia (Alinea) Ikapi dan Institut Penulis Indonesia (InsPena).

Berikut ini contoh pelatihan yang diselenggarakan Alinea Ikapi pada bulan September 2016.

publikasi-pelatihan-editing-lanjut

Saat ini saya juga sedang menyusun silabus untuk pemelajaran penulisan dan penyuntingan (writing and editing) di tingkat kursus dan diploma serta berusaha menjadikannya nomenklatur ilmu atau keterampilan yang diakui di Indonesia. Dengan demikian, para editor di Indonesia pun dapat mengenyam pendidikan formal ataupun nonformal di bidang editing.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here