Belajar Editing Secara Profesional

0
711
Foto: Helloquence

BambangTrim.com | Editing atau copy editing menjadi ilmu dan keterampilan penting pada masa kini. Jika dahulu, para editor lebih banyak bekerja di media, kini para editor diperlukan hampir di semua organisasi yang menghasilkan publikasi dan dokumen-dokumen tertulis. Citra organisasi sangat ditentukan oleh profesionalitas menangani publikasi dan dokumen tertulis.

Ambil contoh dalam pengelolaan media daring (online) semacam situs web. Jika ditelusuri, banyak sekali situs web yang dikelola lembaga pemerintah ataupun swasta mengandung kesalahan-kesalahan elementer, bahkan juga kesalahan fatal.

Editing memang penting, namun ilmu dan keterampilan ini ternyata jarang diajarkan dan dikembangkan di Indonesia. Saya, Bambang Trim, salah seorang yang berfokus terhadap itu karena saya memang mengenyam pendidkan formal di bidang editing dan publishing science di Universitas Padjadjaran. Saya pun telah menghasilkan beberapa buku tentang ediing, yaitu Copyediting (Ikapi DKI), Taktis Menyunting Buku (Maximalis), Tak Ada Naskah yang Tak Retak (TrimKom), dan 200+ Solusi Editing (dalam proses terbit Bumi Aksara).

Lalu, adakah event pelatihan editing? Ada, dalam waktu dekat diselenggarakan di Bandung pada 3-4 Agustus 2016. Pelatihan bertajuk “Pelatihan Editing Profesional” ini akan memandu peserta memahami dasar-dasar editing dan teknik editing mekanikal (mechanical editing) secara manual dan juga secara digital.

13669186_10205310268756657_5833980276904830207_n

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here