Ladang Menulis Bernama Tip

0
609
Foto: Alex Dorohovich

Kalau Anda mencari padanan kata tip di Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi paling gres yaitu edisi keempat, taklah Anda temukan padanan kata tip yang dimaksud dalam tulisan ini. Saya menemukan padanannya di Tesaurus Bahasa Indonesia susunan Eko Endarmoko.

BambangTrim.com | Di tesaurus yang telah keluar edisi revisinya dengan judul Tesamoko itu disebutkan makna kedua dari kata tip sebagai manual, nasihat, panduan, pedoman, dan petunjuk. Dalam bahasa Inggris untuk menyebut jamak sering dieja menjadi tips dan kita sering menuliskannya dengan bentuk jamak itu. Makna lain dari tip untuk ragam cakapan adalah komisi, persen, upah, bayaran, atau imbalan.

Nah, dalam jagat menulis praktis, satu topik yang manis untuk diangkat adalah tip. Tip dapat berupa artikel ringkas (praktis) yang berisikan tata cara, kiat, panduan, pedoman, atau petunjuk melakukan sesuatu. Dalam konteks lebih lengkap dapat berupa buku yang disebut buku how to.

Saya pernah membeli sebuah buku berbahasa Inggris terbitan Australia di Malaysia yang isinya kumpulan petunjuk dan tip untuk rumah tangga dengan sembilan topik (bab), yaitu tentang Membersihkan Segala Sesuatu, Memasak, Memelihara Taman, Memelihara Rumah dan Dekorasi, Kesehatan, Keluarga, Acara dan Perjalanan, Keuangan, dan Kata-kata Bijak. Total halaman buku itu adalah 528 halaman. Lumayan tebal.

Buku tebal berisikan petunjuk dan tip untuk rumah tangga terbitan Australia.
Buku tebal berisikan petunjuk dan tip untuk rumah tangga terbitan Australia.

Tip jika dikumpulkan secara tematik memang dapat menjadi sebuah buku kumpulan tip yang lengkap. Contohnya, tip kiat-kiat praktis belajar menulis.

Adapun penulisan tip sendiri relatif gampang, tetapi memang jarang dilirik para penulis atau tepatnya ditekuni para penulis. Padahal, artikel tip termasuk yang banyak penggemarnya.

Contoh paling mudah dapat Anda temukan setiap hari pada koran Kompas yang selalu menyisipkan lembar Klasika. Di lembar itu bertebaran aneka artikel tip. Artikel itu sangat ringkas, bahkan kadang hanya terdiri atas 300 kata atau setara dengan satu halaman A4.

Format tip memang harus ringkas, to the point, dan diharapkan memang berupa petunjuk yang ampuh atau manjur untuk mengatasi sesuatu. Dahulu ketika masih kecil, saya paling menyukai membaca tulisan tip yang ada di majalah wanita–yang dilanggan ibu saya. Ada banyak tip, mulai soal membersihkan noda pada pakaian, menghilangkan bau pada sepatu, sampai pada cara mengusir tikus dari rumah.

Tip boleh saya katakan sebagai ladang penulisan yang tidak pernah kering. Idenya dapat menembus pada banyak bidang kehidupan. Mulai soal remeh temeh sampai pada soal yang berat. Karena manusia selalu dirundung masalah, solusi berupa tip pun akan selalu diperlukan.

Adakah buku yang memandu untuk menulis artikel ringkas berupa tip? Saya menemukan satu buku langka yang ditulis Aloysius Heriyanto yang melakoni diri sebagai penulis lepas khusus tip untuk tabloid dan majalah. Bukunya berjudul Ayo Menulis Tip! terbitan BIP tahun 2009. Sudah lama juga.

Buku tentang penulisan tip karya Aloysius Heriyanto.
Buku tentang penulisan tip karya Aloysius Heriyanto.

Masalahnya boleh saja masalah ringan seperti bagaimana menghilangkan noda tinta bolpoin dari baju putih. Hal yang terpenting solusi yang Anda berikan memang jitu dan teruji. Anda juga bisa mengulas tip untuk masalah lebih berat, contohnya bagaimana menghilangkan demam panggung saat berbicara di depan umum.

Soal membuat artikel tip dan juga buku tentang tip ini akan menjadi satu topik yang akan saya sampaikan di InstitutPenulis.id. Paling tidak mereka yang memiliki pengalaman dan keahlian tertentu dapat membaginya lewat tulisan tip.

Tip ini juga dapat menjadi pilihan Anda untuk berlatih menulis, sekaligus menambah koleksi tulisan Anda di blog atau situs. Tip banyak penggemarnya seperti juga cerpen atau cerita humor. Tertarik untuk mencoba?

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here