Internet dan Buku

4
556

Mungkin topik tulisan ini biasa saja karena soal ini memang sudah dibahas sejak dulu. Ya, bagaimanapun internet telah memacu orang untuk mengenal buku, lalu terjadi transaksi jual-beli buku, baik buku cetak (paper book) maupun buku digital.

Saya mengulas kembali topik ini karena perjumpaan saya dengan blogger muda, Jefferly Helianthusonfri, di Jambi saat mengisi acara Pelatihan Penulisan Buku Akademis untuk dosen-dosen FEB Universitas Jambi. Jeff berasal dari kota Lubuklinggau (sekitar enam jam dari Jambi) dan kelahiran 1997. Ia sudah menulis buku pertamanya sejak lulus SMP.

Jeff menulis untuk pasar yang captive yaitu internet marketing karena inilah bidang yang ditekuni sebagai blogger. Saya mengajak Jeff bertemu di Jambi karena saya adalah salah seorang pembeli bukunya, Buku Pintar Promosi di Internet yang diterbitkan Elexmedia.

Dalam dua tahun terakhir ini sejak benar-benar terjun sebagai writerpreneur, saya benar-benar tidak bisa menafikan peran internet untuk menggerakkan bisnis saya. Order yang saya terima sebagai perajin buku ataupun pembicara di pelatihan/lokakarya 90%-nya tersebab internet. Ya, blog ini termasuk favorit dan mulai hari ini telah saya migrasikan ke manistebu.com (per 15 Juni 2014).

Pak Junaidi, yang menjadi ketua panitia penyelenggaraan acara di Jambi sempat berujar kepada saya, “Ini kritik juga buat Pak Bambang. Soalnya saya ragu ketika mengetahui Pak Bambang menggunakan blog gratisan untuk beriklan. Tapi, setelah melihat ke dalamnya, baru saya yakin.”

Ya, blog ini memang menggunakan platform wordpress.com dan sudah saya mulai pada 2008 sebagai blogger. Peringkat blog ini dalam ranah pencarian jasa penulisan atau jasa pelatihan penulisan biasa menempati urutan 1 di Google atau berpindah urutan 3 dan 5. Selain blog, saya juga menggunakan Facebook dan Twitter untuk beriklan. Salah satu bentuk keunggulan saya karena konten yang unik dan selalu terbarukan.

Bersua Jeff, saya makin percaya diri bahwa gabungan kekuatan mengemas konten dan internet marketing memang dapat menghasilkan kekuatan. Tambahan lagi saya bermain pada “laut biru” bisnis penulisan serta penerbitan dengan pelaut yang tidak terlalu ramai.

Kami berdua bersiap menyusun buku bersama tentang dua kekuatan ini. Mengutip pernyataan Bill Gates: Content is king dan kami mengubahnya Content is Me.

Saya ingin menebarkan semangat buku-buku lebih masif lewat internet marketing. Sasaran saya hanya dua ranah penulisan kini yaitu penulisan bisnis dan penulisan akademis. Kalaupun ada hal lain yang menjadi minat saya adalah penulisan buku anak. Tunggu saja gebrakan bersama Tim Trim.[BT]

SHARE

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here