Pensiunan Ya Ternak Sapi, Ya Nulis Buku

0
520

JURUS SUKSES 100% PENSIUN KAYA: BISNIS SAPI

Penulis: Raimy Sofyan dan Lygia Pencanduhujan

Penerbit: Grasindo, 2014

Tebal: 208 halaman.

1457709_10202344599588865_2040781059_n

Bagi Raimy Sofyan, menjalani masa pensiun dengan galau, apalagi post power syndrome adalah sesuatu yang harus dilawan. Pensiun berarti menjelajah sebuah fase kehidupan baru yang sama menariknya dengan fase-fase sebelum pensiun.

Pesan sederhana ini terungkap dari ulasannya pada bab awal buku yaitu bagaimana seorang pensiunan atau calon pensiunan menghadapi masa transisi. Raimy Sofyan sudah membuktikannya terlebih dahulu dengan menciptakan kegiatan baru: bisnis penggemukan sapi! Bersama Lygia Pencanduhujan, ia pun menuliskan pengalamannya dalam 13 bab.

Ya memikirkan suatu usaha baru bagi pensiunan itu adalah hal biasa. Namun, kerap para pensiunan lebih asyik terjebak menjadi investor dengan menggelontorkan uang hasil pesangonnya pada bisnis yang sebenarnya tidak dikenalinya. Karena itu, Raimy Sofyan membuat semacam pengecualian. Ia terjun langsung pada bisnis yang berinteraksi dengan alam yaitu peternakan.

Dalam bahasa religi Islam, dua pintu telah dibuka Raimy Sofyan. Hadits Rasulullah saw. menyatakan “9 dari 10 pintu rezeki ada pada berdagang” dan satu pintu adalah dari usaha pertanian/peternakan. Jadi, Raimy Sofyan, seorang pensiunan perusahaan perbankan terkemuka ini menjalankan usaha penggemukan sapi, sekaligus juga menjualnya dengan merek Sapi Sehat Amanah.

Hanya dalam pengantar buku ini (Bab I) Anda dibawa soal kesadaran menjalani pensiun. Pada Bab 2 s.d. Bab 12, Anda sudah dibawa untuk masuk ke bisnis penggemukan sapi, sesuatu yang masih terbuka untuk dikembangkan. Pada bab akhir (Bab 13), Anda kembali disuguhi kesadaran tadi dengan mengetengahkan sejumlah orang yang berpendapat tentang pensiun.

Buku ini walaupun dengan judul bombastis (100% kaya), sangatlah lengkap membahas aspek bisnis penggemukan sapi. Namun, sayang untuk  “orang tua”, ukuran font buku terlalu kecil dan juga beberapa gambar tak maksimal untuk dilihat jelas. Akan lebih baik jika gambar-gambar yang bersifat teknis dibuat lengkap dan ukuran yang memadai. Sisi baiknya, dengan “ketidakjelasan” pembaca bisa langsung menghubungi Raimy Sofyan untuk berkonsultasi.

Satu hal yang menarik lagi adalah tentang Tip Berbisnis (seharusnya tertulis tips) bagaimana penulis menjelaskan tentang memanfaatkan persahabatan dan bagaimana berbisnis dengan sahabat. Meski ringkas, bahasan dalam bab ini renyah untuk dinikmati.

Secara tersirat ada satu hal lagi yang dilakukan penulis selain mengusahakan penggemukan sapi. Apakah itu? Ya, menulis buku karena inilah bentuk eksistensi yang menyenangkan dari seorang pensiunan yaitu mau dan mampu menggelontorkan pengalamannya secara tertulis.

Karena itu, jika ingin mengetahui banyak hal soal pensiun, soal membangun bisnis pascapensiun, dan soal menulis buku, Anda patut mengoleksi buku ini. Dapatkan jurus-jurus nyata dengan membaca. [BT]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here