Buku Bontang Akhirnya

0
439

Praktis hanya dua bulan waktu untuk menggagas dan menulis buku tentang sejarah Bontang yang dilatari pendirian PT Badak NGL. Adalah LNG TV yang menghubungi saya untuk mengupayakan penerbitan buku tentang Bontang dari penulisan, editing, hingga desain dan pencetakannya. Ini proyek kedua yang saya kerjakan untuk PT Badak NGL, setelah sebelumnya mengerjakan buku tentang sejarah PT Badak NGL.

Proses penulisan dan pengembangan buku “biografi” perusahaan atau kota sebenarnya hampir mirip dengan biografi tokoh. Hanya dalam pengembangan biografi ini lebih kompleks melibatkan banyak orang, tonggak-tonggak sejarah, serta pesan yang ingin disisipkan ke dalam buku. Gambar besar atau big picture dari buku sejarah ini harus dirancang dengan mengambil angle tertentu yang paling menarik sebagai awal tulisan.

Bontang

Hal yang terberat kerapkali pengolahan buku ini dikerjakan dalam waktu yang singkat, terkadang keleluasaan waktu hanya tersedia selama tiga bulan. Untuk riset sendiri terpaksa dilakuan secara simultan dengan penyusunan outline dan penulisan. Inilah yang kerap saya hadapi sebagai penulis jasa, apalagi saya bekerja sendiri dan hanya ditemani seorang desainer.

Trim Komunikata sebagai lembaga jasa penerbitan yang saya kelola memang memiliki tim penulis sekaligus editor. Dalam waktu bersamaan kami kerap mengerjakan tiga sampai dengan empat judul secara simultan sehingga setiap orang sudah mendapatkan porsi pekerjaan menulis sekaligus menyuntingnya. Tugas saya adalah menyelia dan terakhir mengevaluasi dummy buku yang dihasilkan. Segala aspek yang perlu dilihat adalah penyajian, penerapan kaidah kebahasaan, tata letak halaman, dan juga desain kover, termasuk blurb kover.

Pekerjaan buku sejarah Kota Bontang lumayan menguras energi karena saya harus bolak-balik Jakarta-Balikpapan-Bontang demi menyesuaikan pekerjaan menulis dan juga event-event penulisan yang harus saya isi. Fase terakhir, saya habiskan hampir dua minggu lebih di kompleks PT Badak NGL untuk menyelesaikan penulisan buku Bontang, sekaligus buku lainnya secara simultan. Senyampang di Bontang, saya juga menulis buku untuk KPK dan klien perseorangan. Ini memang pekerjaan tidak biasa harus membagi-bagi konsentrasi dan pikiran mengerjakan tiga buku sekaligus dalam rentang waktu yang sama.

Setelah buku Bontang bisa rehat tenang? Ah, belum karena penggagasan dan pengembangan sebuah buku dari anak perusahaan Astra telah masuk pula dalam agenda dan sekarang dalam proses penawaran. Ya, writing is not a job; it’s a business!

©2013 oleh Bambang Trim

Berminat menggunakan jasa Bambang Trim dan TrimKom untuk menuliskan sejarah perusahaan, sejarah kota, atau sejarah pribadi Anda sendiri? Kontak langsung Bambang Trim di 081573814799.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here