WRITER INCUBATOR

4
556

Siang, 6 Februari 2012, setelah lebih dari sebulan meninggalkan Solo, saya berkesempatan lagi menginjakkan kaki ke kota yang penuh nuansa keunikan ini. Kali ini saya membuat janji bertemu di Kopi Tiam Oei bersama Mas Erwin Skrip….

Perbincangan kami tidak lepas dari soal pengembangan konten-konten digital. Mas Erwin sudah lebih dari dua bulan ini membantu saya mengembangkan konten-konten digital literasi. Bahkan, beliau juga dengan segala kebaikannya akan segera merampungkan blog manistebu ini menjadi website resmi saya.

Kami memang sedang menyiapkan pekerjaan yang bukan sembarang. Pekerjaan yang menguras daya kreativitas, tetapi dilakukan dengan rasa senang bukan alang kepalang. Kami sedang melihat blue ocean bisnis di bidang kepenulisan.

Salah satu ide sambil lalu yang kami bicarakan adalah WRITINCT. Saya segera menyambar konsep ini untuk dinamai WRITINCT yaitu singkatan dari WRITER INCUBATOR. Kami akan membuat sebuah wadah digital untuk ‘mengerami’ banyak naskah dari penulis dan dihubungkan dengan para penerbit yang membutuhkan sehingga akhirnya ‘menetas’ menjadi buku. Insya Allah konsep ini akan dikerjasamakan dengan IKAPI dan kebetulan saya memang saat ini menjabat sebagai Ketua Kompartemen Diklat, Litbang, serta Informasi PP IKAPI.

WRITINCT akan menjadi wadah digital bagi para penulis memublikasikan secara awal naskahnya berikut ‘brief for publisher’ sehingga kemudian menarik hati penerbit untuk bekerja sama. Ada fitur-fitur yang membantu para penulis untuk mengonsep naskahnya dan juga ada fitur-fitur yang membantu penerbit mengenali potensi naskah. Tentu wadah digital ini akan dijaga seorang editor andal dan layanan ini akan disediakan secara free alias gratis bin percuma.

***

Baru sebatas konsep dan bagaimanapun konsep akan diuji serta diteliti efektivitasnya. Namun, ini adalah semacam langkah kecil untuk menampung kreativitas yang makin menggunung, terutama di dunia kepenulisan.

:: catatan kreativitas Bambang Trim

©2012 oleh Bambang Trim

SHARE

4 COMMENTS

  1. wah, idenya luar biasa, Pak Bambang…. Saya yg sering main ke ManisTebu selalu dpt pencerahan dari ahlinya…. Mudah2an gagasannya segera terwujud dan bermanfaat bagi pihak2 terkait….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here